Klarifikasi Rusaknya Properti Imlek 2574 dan CAP GO MEH 2023 di Lapangan BRC Bengkayang

Bengkayang – terkait adanya kerusakan properti Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 di lapangan BRC Kec.Bengkayang yang beredar di media sosial @infobengkayang,Selasa (24/1/23) malam.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr.Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H., memerintahkan Kabag Ops Polres Bengkayang AKP Jami’ad didampingi Kasat Intel dan Kapolsek Bengkayang melakukan pengecekan langsung di lapangan BRC Bengkayang. rabu(25/1/23) siang.

Berdasarkan informasi dari pedagang asongan permainan di lapangan BRC. Pada malam hari saat berjualan, bahwa properti sering dimainkan oleh anak – anak.

Berkaitan dengan itu, saudara Alut selaku panitia penyelengara menerangkan, “Patung kelinci dipamerkan selama rangkaian perayan Imlek dan Cap Go Meh di Kabupaten Bengkayang dan berdasarkan saksi bahwa kerusakan dikarenakan kenakalan anak – anak serta tidak ada unsur lain yang mengarahkan ke intoleransi atau sabotase dari pihak lain. “ ucapnya.

Pihak panitia juga menerangkan bahwa kami tidak ada memberikan himbauan dan sosialisasi kepada para pengunjung terkait larangan atau merusak porperti Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 di lapangan BRC Kabupaten Bengkayang.

Untuk diketahui, properti pantung kelinci berjumlah 5 buah (kondisi rusak berat 1 buah, sedang di perbaiki 5 buah) serta properti koin emas berjumlah sekitar 25 buah (kondisi rusak total). Untuk keadaan properti sudah diamankan oleh pihak panitia untuk diperbaiki dan ditampilkan kembali saat perayaan Imlek 2574 di Kabupaten Bengkayang.

Ditempat lain, Kapolres Bengkayang menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya agar tidak terjadi kesalah pahaman antara masyarakat.

“Sampai saat ini, situasi keamanan perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 masih aman serta tidak terdapat ganguan kamtibmas yg menonjol. Saya tegaskan kembali bahwa kejadian pengrusakan ini tidak terkait adanya sabotase dari pihak lain ataupun tindakan intoleransi, intinya Polres Bengkayang Bersama Instansi terkait siap menjaga agar pelaksanaan perayaan Imlek dan Cap Go Meh berjalan aman dan lancar.” tutup Kapolres.

Sementara itu, pihak panitia yang di dampingi Kepolisian berkoordinasi kepada pohak SDN 04 Kec.Bengkayang, agar pihak seklolah memberikan himbauan kepada murid – muridnya untuk tidak bermain saat jam istirahat maupun pulang sekolah di lapangan BRC terkait adanya poperti perayaan Imlek dan Cap GO Meh.

Site Footer