Polresta Surakarta Gelar Silaturahmi dan Bakti Sosial Bersama Serikat Buruh Kota Solo Dalam Rangka Mayday 2022

SURAKARTA-Dua tahun terakhir, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh buruh dan pekerja pabrik. Mulai dari pengurangan jam kerja hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, dengan mulai menurunnya kasus Corona saat ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian.

“Selama dua tahun terakhir ini, memang kondisi sangat menghimpit. Mulai dari pengurangan jam kerja hingga pengurangan karyawan. Ini sangat memprihatinkan,” ujar Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Solo, Wahyu Rahadi kepada wartawan, Jumat (13/5).

Menurutnya, perhatian dari pemerintah selama masa pandemi selama dua tahun terakhir sangat dirasakan. Baik dalam pemberian bantuan maupun diskusi untuk menjadikan Kota Solo kondusif.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak terkait, khususnya Polri dalam memberikan perhatian kepada kami,” jelasnya.

Sementara itu, Wakapolresta Surakarta, AKBP Gatot Yulianto,SIK.MHP mengatakan, pihaknya senantiasa bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Solo dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk memperhatikan para buruh. Menurutnya, kepedulian yang diberikan sebagai salah satu bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah di tengah kalangan buruh Kota Solo.

“Termasuk saat ini, yang menjadi ajang silaturahmi dan kepedulian di tengah May Day (Hari Buruh Sedunia). Dimana, buruh di Kota Solo menjaga kondusivitas bersama-sama,” kata AKBP Gatot.

Pihaknya berharap, melalui kepedulian yang diberikan mampu mempererat silaturahmi dan senantiasa bisa bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Bengawan.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Kota Solo, Widyastuti mengatakan, ada sebanyak 10.000 buruh yang terdaftar dalam serikat pekerja di Kota Solo. Menurutnya, peran buruh sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

“Mungkin saat ini, muncul harapan kembali. Dimana, roda ekonomi mulai bergeliat sehingga memperbaiki pendapatan para buruh untuk menghidupi keluarga,” jelasnya.

Dalam kegiatan Silaturahmi dan Bhakti Sosial Polresta Solo bersama Serikat Buruh Kota Surakarta yang diadakan di Ndalem Danar Hadi, Kecamatan Laweyan tersebut juga disertai dengan pembagian ratusan paket Sembako. Paket Sembako itu diberikan kepada serikat buruh, diantaranya SPSI, SBSI 92 dan SPN.

Site Footer