Bocah Tersesat Umur 8 Tahun di Temukan Personil Polresta Surakarta


SURAKARTA-Seorang bocah berusia delapan tahun tersesat dan ditemukan dalam kondisi kebingungan di pinggir jalan depan SD Takmirul Islam, Laweyan, Solo, Senin (25/4/2022) pagi. Bocah laki-laki bernama Ashar itu berjalan kaki dengan pakaian basah dan tanpa alas kaki.

Ashar kali pertama ditemukan oleh Kasubsie PIDM Humas Polresta Solo, Ipda Iswan Tri Wahudiono, yang kebetulan dalam perjalanan mengantar anaknya ke sekolah sekitar pukul  07.00 WIB. Anak kecil tersebut kemudian dibawa ke Mako Polresta Solo, Jl Slamet Riyadi No 376 Solo.

Iswan sempat mengunggah video bocah tersebut melalui akun Instagram @polrestasurakarta disertai informasi dan pengumuman mengenai penemuan bocah itu. Sejumlah warganet yang mengenali bocah laki-laki yang saat ditemukan mengenakan kaus warna kuning bergambar tokoh kartun Boboiboy dan celana pendek motif batik itu.

“Ini anak asuh dari panti asuhan Adsha pak, tadi saya sudah konfirmasi ke pihak panti. Inshaallah  segera dijemput pihak panti,” komentar pengguna akun @anas_apik di kolom komentar unggahan tersebut.

Sekitar pukul 11.00 WIB, pengasuh panti tersebut datang ke Mako Polresta Solo untuk menjemput bocah yang tersesat tersebut. Dihubungi Solopos.com, Senin, Ipda Iswan Tri Wahudiono, menjelaskan kronologi penemuan anak kecil tersebut.

“Saat itu sebelum berangkat bertugas, saya sempatkan untuk mengantar anak saya dulu ke sekolah. Di tengah jalan saya melihat ada anak kecil kebingungan dan berjalan sendirian. Saya hampiri dan bertanya mengenai alamat tinggal dan asalnya,” ujar Iswan.

Iswan menyebut anak kecil yang kebingungan tersebut bernama Ashar, berusia 8 tahun. Ashar ditemukan dalam kondisi mengenakan pakaian yang basah dan belum makan sejak semalam.

Setelah diberi makanan, Ashar kemudian dibawa ke Mako Polresta Solo untuk diamankan sembari menunggu orang tua atau pengasuh yang bertanggung jawab. “Saya tanya namanya dan ia menjawab Ashar. Ia belum makan sejak kemarin malam, langsung saya bawa ke tempat makan sebelum saya bawa ke Polresta Solo,” ujar Iswan.

Anggota Polresta Solo kemudian mencari lokasi tempat tinggal bocah yang tersesat itu dan ditemukan bahwa Ashar merupakan anak yang tinggal di Panti Asuhan ADHSA di Sukoharjo. Ashar kemudian dijemput sekitar pukul 11.00 WIB oleh pengasuhnya.

Menurut sang pengasuh, kata Iswan, Ashar adalah anak yang cerdas dan hiperaktif. Ashar juga beberapa kali berjalan cukup jauh sendirian. “Menurut pengasuhnya anaknya pintar dan hiperaktif, jadi ketika pintu dibuka, ia jalan dari Pondok sampai SD Takmirul Islam, itu berarti sekitar dua atau tiga kilometer,” kata Iswan.

Site Footer