Amankan Mudik Lebaran 2022, Polres Tegal Kota Dirikan 9 Pos Pengamanan


Kota Tegal – Polres Tegal Kota Polda Jawa Tengah menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi Tahun 2022, bertempat di halaman depan Mapolres setempat, Jum’at (22/4/2022) sore.
.
Bertindak selaku Pembina Apel adalah Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, S.S dan dihadiri oleh Komandan Kodim 0712/Tegal atau yang mewakili, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tegal atau yang mewakili, Walikota Tegal atau yang mewakili, Ketua DPRD atau yang mewakili dan para Kepala Instansi terkait serta para undangan lainnya.
.
Adapun peserta apel adalah anggota gabungan yang terdiri dari anggota Polres Tegal Kota, anggota TNI Kodim 0712/Tegal, anggota Lanal Tegal, anggota Subdenpom Tegal, anggota Satpol PP Kota Tegal, anggota Dishub Kota Tegal, anggota BPBD, anggota Senkom, anggota Dinas Kesehatan dan anggota pramuka Saka Bhayangkara.
.
Pada saat membacakan amanat Kapolri, Kapolres selaku Pembina Apel mengatakan, yang intinya bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2022 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri adalah wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.
.
Berbeda dengan Idul fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.
.
“Perlu saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H tahun 2022,” ungkap Kapolres.
.
Adapun pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.
.
Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 s.d. 27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain.

Kapolres juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 tahun ini Polres Tegal Kota mengerahkan sebanyak 590 personel gabungan yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 289 personel, unsur TNI sebayak 55 personel, Instansi terkait sebanyak 72 personel dan Potmas sebanyak 174 personel. Mereka akan terbagi dalam 5 pos pengamanan (pospam) 3 pos pelayanan (posyan) dan 1 pos terpadu.
.
“Semua akan bersinergi melakukan pengamanan bagi para pengguna jalan baik saat arus mudik maupun nanti pada saat arus balik. Wilayah Kota Tegal memang tidak terlewati oleh jalur tol, akan tetapi kita harus mewaspadai akan adanya peningkatan arus lalu lintas sebagai dampak diberlakukanya one way di jalur tol saat arus mudik yang akan dimulai pada tanggal 28 April sampai 1 Mei 2022 mendatang ,” pungkas Kapolres.
.
Seusai apel gelar pasukan, Kapolres didampingi para tamu undangan lainnya melakukan pengecekan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022.

Site Footer